Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Tuesday, August 9, 2016

Sejarah Desa

Desa Lergunong merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. Desa yang terletak dipinggir  daerah perbukitan ini memiliki sebuah keindahan dan pesonanya sendiri. Desa yang penduduknya sebagian besar bekerja sebagai nelayan juga memiliki berbagai sejarah yang mengikutinya. Desa Lergunong memiliki arti yang berasal dari bahasa Jawa,yaitu dari kata Ler yang berarti pinggirnya dan kata gunong berarti gunung. Arti darinamadesa itusendiri adalah desa yang berada di pinggir gunung dan dikelilingi oleh gunung. Desa ini mengambil nama yang telah diberi nama oleh sesepuh atau orang terdahulu karena juga menyesuaikan dengan tempat dari desa itu sendiri yang berada di daerah bukit sehingga daerah ini disebut dengan nama Lergunong . Bukit bagi masyarakat setempat sering diibaratkan gunung, sehingga dalam hal pemaikaian nama yang digunakan ada kata gunung bukan bukit.
Daerah yang nyaman dengan ketenangan yang sangat baik membuat desa ini pada zaman dahulu dijadikan tempat untuk bertapa oleh para petapa dan ulama pada zaman dahulu. Pertapaan di Desa Lergunong pada dahulu dilakukan untuk bisa mendapatkan ketenangan jiwa di dunia sehingga rata-rata pertapa pada dahulu memiliki kekuatan yang sangat sakti. Kekuatan yang sangat sakti itu membuat Desa Lergunong menjadi tempat yang sangat baik untuk bertapa karena tempatnya bisa memberi ketenangan jiwa. Jika kita lihat rata-rata gunung atau bukit yang berada di dataran tinggi sebagian tempat, seperti pada zaman dahulu. Sampai saat ini, Desa Lergunong menyimpan sesuatu keunikan yang ada didalamnya. Awal dari pertapaan yang ada itulah yang membuat daerah di Lergunong lama kelamaan menjadi suatu tempat permukiman yang lambat laun dihuni menjadi sebuah pemukiman. Pemukiman itulah yang membuat tempat ini menjadi sebuah daerah tempat tinggal yang dihuni oleh penduduknya.


Tempat yang sunyi inilah membuat Desa Lergunong memiliki daya tarik pada zaman dahulu sehingga membuat banyak pertapa dan sunan sering bertapa atau tirakat di daerah itu salah satu yang terkenal adalah Sunan Bikondang. Salah satu yang menyimpan sejarah yang ada adalah menurut cerita sesepuh/ tokoh/ warga sekitar menjelaskan bahwa di Desa Lergunong menurut ceritanya menyimpan sumberdaya alam yang sangat melimpah sehingga pihak penjajah ingin memanfaatkannya. Akhirnya, pihak penjajah memantau melalui helikopter di daerah gunung putih karena di daerah tersebut memiliki kekuatan magis karena tidak ada seekor burung atau apapun yang bisa lewat diatasnya, tetapi pihak penjajah tetap saja lewat. Akibatnya, helikopter dari pihak penjajah mengalami kecelakaan dan jatuh didaerah tersebut.

0 comments:

Post a Comment