Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Wednesday, August 10, 2016

Program Kerja Emping Jagung


Sabtu, 30 Juli 2016 kami anggota KKN Universitas Trunojoyo Madura  kelompok 42 mengadakan pelatihan pembuatan emping jagung yang dilaksanakan di desa Lergunung Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan.



Kegiatan ini dimulai pada Pukul 15.00 dan berakhir pada Pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 43 peserta yang terdiri dari para ibu-ibu dan remaja yang ada di Desa Lergunung,  Kegiatan ini di buka oleh saudari luluk Nur Azizatul M sebagai pembawa acara sekaligus penerjemah bahasa Madura. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pembuatan emping dari biji jagung. Materi tentang pembuatan emping disampaikan oleh saudari Tiara Suyaningtyas dengan menggunakan bahasa Indonesia dan diterjemahkan ke bahasa Madura oleh saudari luluk. Alasan kami memberikan penerjemah karena kebanyakan dari ibu-ibu tidak bisa memahami Bahasa Indonesia.
Para ibu-ibu terlihat antusias ketika melihat bagaimana proses pembuatan emping jagung. Setelah selesai proses pembuatan emping, ibu-ibu diberikan emping yang sudah jadi untuk dicicipi. Emping jagung yang dibuat oleh Kelompok KKN 42 memiliki tiga rasa yaitu, rasa pedas original, pedas asin, dan balado. Tujuan dadakannya pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan kepada para ibu-ibu dan masyarakat Desa Lergunung bahwa biji jagung bisa dimanfaatkan lebih luas lagi salah satunya adalah dibuat emping jagung. Tidak itu saja, ibu-ibu juga bisa membuat home industry sehingga bisa memberikan tambahan pendapatan dan mengurangi pengangguran.

0 comments:

Post a Comment