Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Friday, August 5, 2016

Program Kerja Private Al-qur'an


      Privat Al-Qur’an merupakan kegiatan   yang di adakan oleh peserta KKN 42 Universitas Trunujoyo Madura,  Acara ini kami adakan sebagai bentuk dedikasi kami mengingat di zaman modernisasi ini banyak dari keula muda-mudi yang belum tepat cara membaca al-qur’an, dan tujuan dari kami untuk  memasyrakatkan dan membumikan  Al-Qur’an sebagai pegangan hidup masyarakat Desa Lergunong pada khususnya, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. 



          Kami menggunakan metode pangajaran Al-Qur’an dengan metode 3M (menyimak, mendengar, dan meniru). Dengan metode ini syukur Alhamdulillah peserta didik menikmati metode yang telah kami terapkan dan mempermudah mereka dalam proses pengenalan huruf, dan mempraktekkan membaca ayat-ayat al-qur’an dengan baik dan sempurna.
Privat Al-Qur’an ini diadakan di Pondok Pesantren Salafiyah Ash-Sholihi Tanwirul Afkar. Kami melakukan pengajaran pada anak-anak di Desa Lergunong yang berusia 4-10 tahun sebagai sasaran yang tepat karena merupakan usia awal dalam pembelajaran Al-Qur’an. Acara ini kami adakan seminggu 2 kali, yaitu pada hari minggu dan selasa pada pukul 13:00-15:00 WIB. Acara dimulai dengan pembacaan Do’a oleh semua peserta didik diawal pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembelajaran sesuai metode yang telah dijelaskan diatas. Selain itu juga diselingi dengan permainan – permainan, seperti menyanyi.  Kegiatan ini selesai pada jam 15.00 WIB dan diakhiri dengan pembacaan Do’a oleh semua peserta didik. Panitia memilih peserta didik yang duduknya paling rapi dan tidak gaduh untuk  pulang terlebih dahulu. Peserta didik yang duduknya tidak rapi juga gaduh akan pulang terakhir.

Dengan di adakannya kegiatan ini warga setempat sangat antusias untuk menitipkan dan mengantar anaknya untuk kegiatan ini. Bahkan ada  beberapa lembaga pendidikan  yang ingin menambahkan ekstrakulikuler privat Al-Qur’an ini dilembaga tersebut. 

0 comments:

Post a Comment