Blog Ini Merupakan Sarana Informasi Desa Lergunong

Friday, August 5, 2016

Program Kerja Sosialisasi Teh Rambut Jagung

Bangkalan, Kami kelompok KKN 42 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Acara Sosialisasi tentang pembuatan Teh dari rambut Jagung yang kelompok kami sebut Teh Rajale (Teh Rambut Jagung Desa Lergunong) yang bertempat di Balaidesa Desa Lergunong, Klampis, Bangkalan.



Acara diadakan di tiga tempat yang berbeda, yaitu di Lergunong barat, Lergunong Tengah, dan Lergunong Timur. Hal ini dilakukan karena melihat dari jarak letak antara rumah satu dengan rumah yang lain jauh. Acara pada Dusun Lergunong Tengah, dan Lergunong Timur dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu yakni dimulai pada pukul 15:00 dan berakhir pada pukul 17:00. Sedangkan pada Dusun Lergunong Barat dilakukan pada hari minggu pada pukul 09:00 – 11:00. Adapun jumlah semua peserta dari tiga (3) dusun yaitu 43 Peserta khususnya kaum ibu rumah tangga.

Pada masing-masing acara, dibuka dengan sambutan oleh koordinator desa Kelompok KKN 42 yakni saudara Abu Tholib, Beliau menyampaikan tentang tujuan diadakannya Sosialisasi Pembuatan Teh dari Rambut Jagung (Teh Rajale) dalam sosialisasi ini disamping untuk menjalin tali silaturrahim juga untuk memanfaatkan limbah dari rambut jagung yang pada umumnya hanya dibuang saja. Masyarakat tidak mengetahui bahwasannya rambut jagung memiliki beberapa manfaat, sehingga rambut jagung hanya dibuang begitu saja.

Adapun manfaat dari rambut jagung diantaranya:
1.      Mengobati penyakit jantung
2.      Melancarkan sirkulasin darah
3.      Mengatasi nyeri encok
4.      Mengobati penyakit ginjal
5.      Mengobati masalah pencernaan
Adapun proses pembuatan teh rambut jagung ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengambil rambut jagung.
2.      Memilah rambut jagung yang baik.
3.      Menjemur rambut jagung sampai kering.
4.      Dipotong dan dimasukkan dalam kemasan (Kantung The Celup).
5.      Kemudian Teh Rambut Jagung siap di konsumsi.
Harapan dari adanya sosialisasi ini yaitu agar warga tergugah untuk membuat usaha rumah kecil-kecilan, sehinggadapat memberikan lapangan pekerjaan dan nantinya dapat meningkatkan penghasilan / perekonomian warga Desa Lergunong. 

0 comments:

Post a Comment